Friday, 14 December 2018
Spectr News Theme
Artikel

7 Sunnah Harian Rasulullah SAW

Spectr News Theme Admin
2018-07-20 02:36:13
0
5

Sebagai seorang muslim yang beriman sudah tentu harus menjalankan semua perintah Allah SWT. Kewajiban menjalankan Shalat Fardhu 5 waktu, Puasa di bulan Ramadhan, Membayar Zakat, dan Haji bagi yang mampu, merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap mukmin yang taat.

Tapi selain Ibadah fardhu, alangkah baiknya jika kita juga menambahkan dalam keseharian kita amalan-amalan sunnah Rasulullah SAW, sebagaimana yang telah beliau lakukan semasa hidupnya. Berikut 7 Amalan Sunnah Harian Rasulullah.

1. Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud adalah salah satu amalan sunnah Rasulullah SAW yang tak pernah beliau tinggalkan. Inilah alasan mengapa beliau selalu tidur selepas isya, karena memang syarat dari terlaksananya shalat tahajjud adalah kita harus dalam keadaan terjaga setelah beberapa saat tidur. Jadi sebelum shalat tahajjud kita harus tidur dulu, meskipun hanya beberapa saat saja.

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekat-dekatnya hamba pada Allah adalah pada waktu akhir tengah malam. Apabila kau bisa termasuk dalam golongan orang yang berdzikir mengingat Allah pada saat itu, maka lakukanlah.” (HR. Alhakim)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah (Muhammad), “Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku)”. (QS. Al-Israa’: 79)

2. Membaca Al-Qur’an 

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu sunnah Rasulullah, terutama membaca Al-Qur’an pada waktu sebelum terbitnya matahari. Besar pahala bagi orang yang membaca Al-Qur’an dan memahami isinya. Jadikan Al-Qur’an sebagai bacaan, panduan, dan membudayakan dalam setiap perkara dalam kehidupan kita.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberi petunjuk kejalan yang amat benar (agama islam), dan memberikan berita yang menggemberikan orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal-amal soleh, bahwa mereka memperoleh pahala yang besar. (QS.Al-Isra : 9)

3. Shalat Subuh Di Masjid

Shalat subuh di Masjid merupakan salah satu amalan sunnah Rasulullah.

Rasulullah bersabda: Shalat subuh menjadi penerang pada hari kiamat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Berilah kabar gembira bagi orang-orang yg berjalan dikegelapan menuju Mesjid untuk mengerjakan sholat subuh, dengan cahaya yg terang  benderang” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

Shalat yang lebih baik adalah shalat berjamaah di masjid, karena pahala orang yang shalat berjamaah di masjid sangat besar dan pahalanya dihitung pada setiap langkahnya ke masjid dan ia juga akan memperoleh pahala berjamaah sebanyak 27 pahala.

4. Melakukan Shalat Dhuha

Shalat sunnah dhuha adalah shalat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya, karena shalat dhuha ini banyak kelebihannya. Diantara kelebihannya adalah pintu rezeki dibuka dan dimurahkan rezeki. Waktu shalat sunnah dhuha adalah dari naik matahari sampai sepenggalah dan berakhir diwaktu matahari tergelincir.

Rasulullah SAW bersabda: “Pada tiap-tiap pagi lazimkanlah atas tiap-tiap ruas anggota seseorang kamu bersedekah, tiap-tiap tahlil satu sedekah, tiap-tiap takbir satu sedekah, menyuruh berbuat baik satu sedekah, dan cukuplah sebagai ganti yang demikian itu dengan mengerjakan dua rakaat shalat dhuha. (HR.Bukhari dan Muslim)

5. Senantiasa Bersedekah

Sedekah adalah mengorbankan sedikit hartanya untuk diberikan kepada orang yang memerlukan dengan hati dan perasaan yang ikhlas karena Allah. Bagi orang yang rajin bersedekah, Allah akan gandakan setiap sedekahnya dengan rezeki yang melimpah.

Allah SWT berfirman: “Dan jangan sekali-kali orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karuniaNya mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan dilehernya pada hari kiamat. Milik Allah apa yang ada di langit dan dibumi. Allah maha teliti atas apa yang kamu kerjakan”. (QS.Ali Imran : 180)

6. Menjaga Wudhu

Menjaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Rasulullah senantiasa dalam keadaan wudhu, dalam waktu dan keadaan apapun.  Jangan tinggalkan wudhu. Kalau batal, berwudhulah kembali. Hal itu merupakan kebutuhan kita sendiri dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kalau kita selalu berwudhu Insya Allah akan selamat dari godaan dunia dan terjaga dari hal-hal yang kotor (kotoran yang bersifat maupun rohani). Selanjutnya kita terjaga dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan dari perbuatan-perbuatan dosa dan tercela. Karena wudhu merupakan proses pembersihan badan kita secara silmutan dilanjutkan dalam rangka untuk pembersihan fitrah dan hati atau rohani kita.

Kata Khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu solat walau ia sedang tidak shalat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, ampuni dosa dan sayangi dia, ya Allah.”

7. Amalkan Istighfar Setiap Saat

Dengan istighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah. Istighfar setiap saat dan dalam segala aktivitas apapun diperintahkan beristighfar. Ketika kita mau tidur, mau makan dalam melakukan suatu pekerjaan, di jalan, di mobil dan di manapun hendaknya selalu dalam keadaan beristighfar. Orang yang kuat istighfarnya, maka insting dan kecenderungan rahmatnya (berguna dan bisa membahagiakan orang lain atau bahkan makhluk lain) sangat kuat sekali. Ia pun juga menjadi penuh dengan keutamaan-utamaan, doanya mustajab dan firasatnya tajam (mampu berpikir positif)

Bila kita mampu menjaga dan melakukan tujuh sunnah Rasullullah SAW” ini, maka Insya Allah akan muncul sifat-sifat terpuji. Bicaranya dakwah, diamnya zikir, nafasnya tasbih, matanya memancar cahaya rahmat. (berbagai sumber)

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration