Saturday, 21 April 2018
Spectr News Theme
Zakat Pride

Berkarya, Sukses dan Bahagia dengan Sedekah

Spectr News Theme Admin
2018-04-05 08:05:12
0
5

Sukses di usia muda merupakan impian semua orang. Menjadi pebisnis bukanlah perkara yang mudah, akan tetapi selama ada keinginan untuk mencoba dan tidak takut untuk gagal maka tidak ada yang mustahil.

Sebagaimana sosok pria muda yang sukses membawa karyanya hingga ke pasar internasional dengan brand @sayanegarawan ini. Mengawali bisnis bersama rekannya, Angga Ajiputra, di tahun 2014, lelaki bernama lengkap Mahanugra Kinzana ini sukses mendapatkan sambutan pasar.

Mahanugra mengawali bisnisnya bukan tanpa modal ilmu, pria yang belum genap berumur 29 tahun ini telah mengenyam pendidikan bisnis hingga keluar negeri. Akan tetapi, Mahanugra memiliki motto “back to country” atau kembali mengabdi kepada negara. Alih-alih menjadi seorang pegawai, Mahanugra memilih untuk mengaplikasikan ilmu bisnisnya dan menjadi pengusaha yang mengangkat produk lokal.

Ia memilih bisnis batik, yang berawal dari kecintaannya pada budaya indonesia dan ketertarikannya menggunakan batik untuk aktivitas sehari-hari. Dimulai dari pemasaran produk yang hanya antar teman dan instagram, brand batik dan tenunnya terus berkembang hingga membuat website jualan dan bahkan kini telah memiliki toko di salah satu mall terbesar di Jakarta, Pondok Indah Mall 2.

Dibalik kesuksesan di usia muda dan ditengah kesibukannya sebagai bussinesman, Mahanugra tidak pernah luput menyisihkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang membutuhkan.

Sejak dulu, ia mengaku ditanamkan kesadaran berbagi oleh orangtuanya. Minimal menyisihkan 2,5% dari penghasilan untuk zakat maal.

“Ya saya jalanin, saya amalkan itu, gak banyak tanya, ikutin aja. Karena dengan berbagi, baliknya akan lebih banyak, simpelnya itu yang disampaikan orangtua saya” ujar Mahanugra.

“Tapi for some reason, percaya tidak percaya, rasanya juga dapet, dengan berbagi ada aja baliknya. Baik dalam bentuk yang sama, atau bentuk yang lain (keberkahan). Akhirnya saya pelajari lagi bentuk sedekah-sedekah yang lain selain zakat maal. Sekarang saya mengamalkan zakat maal tiap bulan dan sedekah-sedekah secara khusus. Intinya apapun yang bisa saya kasih, ya saya kasih” Jelas Mahanugra.

Kesuksesannya tidak menjadikannya tinggi hati dan melupakan hak para mustahik di dalam hartanya. Mahanugra juga mengaku bahwa ia memilih menyalurkan sedekahnya melalui lembaga zakat terpercaya seperti LAZ Al Azhar.

“Preferensi utama saya, ya melalui LAZ Al Azhar. Saya percaya dan mengenal yayasan Al Azhar sejak kecil, jadi gak ada alasan bagi saya untuk nggak menyumbang melalui Al Azhar”, jelas pria kelulusan SMP dan SMA Al Azhar ini.

Ia mengaku nyaman bersedekah melalui lembaga karena kemudahannya seiring dengan perkembangan LAZ Al Azhar yang juga mengikuti pola digital.

“Toh simpel dan aman, maksudnya aman Insyaa Allah pasti tersalurkan dengan benar.” Ujarnya.

Di penghujung wawancara, pro hire komunitas @get.craft ini juga berpesan untuk generasi muda untuk terus berkarya, misalnya membuat design dan menulis agar bisa mengembangkan dan memajukan industri kreatif. Dan jika sudah mendapatkan hasil dari karya itu, jangan lupa untuk disedekahkan sebagian hasilnya.

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration