Monday, 20 August 2018
Spectr News Theme
Ramadhan Mubarak

Indahnya Berkah Ramadhan Di Kota Santri

Spectr News Theme Admin
2018-05-22 02:17:05
0
5

Mendengar kalimat “Kota Santri” kita langsung teringat oleh syair yang disenandungkan oleh grup qasidah Nasida Ria dan seakan mengantar kita dalam menyambut Ramadhan tahun ini. Lagu qasidah yang melegenda itu liriknya terasa mengena dan penuh makna, menggambarkan suasana pondok pesantren yang dipenuhi para santri yang sibuk mengaji, beraktivitas serta berkreasi. Dan suasana khas penuh kebahagiaan tersebut seperti hadir kembali kala kita dengarkan bait demi bait senandung tersebut sambil merenungi indahnya ibadah bersama para santri, generasi penghafal AlQuran yang juga calon para pemimpin Islam masa depan Indonesia. Santri adalah pembelajar. Di pesantren, para santri diajarkan oleh kyai dan lingkungannya tentang hubungan sosial, nilai-nilai kesederhanaan, kemandirian, gotongroyong, mengayomi dan pemberi solusi berbagai ilmu dan pengetahuan dengan rujukan Al-Qur’an dan Hadits. Dalam model pendidikan pesantren, “santri” menjadi kunci utama suksesnya upaya pesantren mencapai visi, misi dan tujuan pendidikan yang diselenggarakan. Keberhasilan pesantren dalam menciptakan sosok santri yang handal telah dibuktikan keberhasilannya, dengan melihat banyaknya figure pemimpin negeri, usahawan sukses, mubaligh maupun para kampiun diberbagai bidang yang dilahirkan dari berbagai pesantren di Indonesia.

Kompetensi santri tidak terlepas dari pondok pesantren tempat mereka menempa ilmu. Tercatat di Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama bahwa jumlah santri pondok pesantren di 34 provinsi di seluruh Indonesia, telah mencapai 4,2 juta orang yang tersebar di sekitar 28.000 pondok pesantren (data Kementerian Agama, 2016) dan tentunya jumlah tersebut akan terus bertambah setiap tahun. Besarnya jumlah santri ini merupakan potensi luar biasa dan dapat menghasilkan dampak besar bagi pembangunan bangsa jika program pendidikan dan kegiatan para santri dapat dikelola dengan sistem yang lebih baik dan mampu meningkatkan keberhasilan para santri di masa depan. Namun, dibalik keindahan ibadah para santri, masih banyak terdapat keterbatasan-keterbatasan dalam penyelenggaraan belajar mengajarnya baik dalam infrastruktur sarana dan prasarana belajar mengajar, kesejahteraan para guru ngaji, operasional kebutuhan rumah tangga pesantren, kecukupan kebutuhan dasar para santrinya, dan sebagainya. Meski demikian, semangat mengaji para santri, keihklasan mengajar para guru ngaji dan ketulusan pengurus pesantren tak pernah surut. 

Pesantren dengan kota santrinya harus terus kita bantu, dukung, fasilitasi, damping dan berdayakan. Karena tidak semua pesantren dan santrinya sudah mampu mandiri. Butuh dukungan aktif kita semua. Di bulan Ramadhan ini, LAZ Al Azhar mengajak seluruh keluarga besar Al Azhar untuk merasakan indahnya menyelami suasana kota santri yang penuh dengan para santri yang rajin beribadah, mengaji dan mendalami kitab suci dengan bimbingan penuh para kyai/gurunya. Mereka mengaji penuh khidmat seraya menyiapkan diri menjadi generasi santri yang nantinya akan memelihara keberlanjutan tradisi Islam,membangun peradaban bangsa dan memberikan pengaruh bagi kehidupan beragama, sosial, politik, ekonomi untuk Indonesia dan dunia. Bersama program Ramadhan “Indahnya Berkah Ramadhan Di Kota Santri”, LAZ Al Azhar mengajak seluruh keluarga besar Al Azhar untuk bersama-sama mendukung kebutuhan pendidikan dan kehidupan para santri, para guru mengaji dan keluarganya yang total jumlahnya mencapai puluhan ribu orang dan tersebar diberbagai provinsi. 

Melalui program-program terbaiknya, LAZ Al Azhar mengajak Anda untuk mengamanahkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf Anda melalui program ZAKAT PRIDE (Poverty Reduction with Integrated Development and Empowerment) amanah zakat Anda akan dapat membantu peningkatan kesejahteraan para santri, para guru ngaji/Da’i dan keluarganya agar terentaskan dari garis kemiskinan, program RGI (Rumah Gemilang Indonesia) sebagai program terbaik pengentasan kemiskinan yang berfokus kepada pemberdayaan santri/pemuda usia produktif agar segera siap kerja dan mampu menjadi tulang punggung keluarga, program 3G yaitu program beasiswa santri/murid sekolah yang terancam putus sekolah dan tidak bisa mengikuti ujian nasional, program INFRALINK yang berfokus pada pembangunan atau renovasi fasilitas sekolah/madrasah/saung Ilmu/masjid/ musholla yang menjadi tempat santri dan masyarakatnya beribadah, program my HEART For Yatim yaitu program dukungan komprehensif terhadap pendidikan, tumbuh kembang dan peningkatan keilmuan serta akidah bagi anak-anak yatim dhuafa usia sekolah dan program SEJUTA BERDAYA yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan para orang tua/keluarga para santri agar dapat mandiri secara ekonomi dan mempunyai ketahanan pangan yang baik serta berkesinambungan. Melalui amanah dan dukungan Anda kepada para santri dan keluarganya melalui program-program terbaik LAZ Al Azhar, kita sekeluarga dapat lebih memaknai bulan Ramadhan yang senantiasa dirindukan kehadirannya sebagai momentum penuh berkah dan rahmatNya bagi kita semua. Mari kita bersama berlomba-lomba dalam menebar kebaikan dengan amaliah-amaliah wajib dan sunnah bukan hanya bersifat individual, namun juga amaliah-amaliah sosial, khususnya untuk mendukung kegemilangan santri dan pondok pesantren Indonesia bersama Indahnya Berkah Kota Santri LAZ Al Azhar. Dan semoga melalui amanah terindahnya di bulan Ramadhan ini, seluruh amal dan ibadah yang kita lakukan dapat membawa kita sekeluarga seakan-akan menjadi bagian dari santri-santri sejati di pondok pesantren Ramadhan nan suci penuh dengan rahmat, maghfirah dan keberkahan Allah SWT dan setelah Ramadhan kita berhasil bermetamorfosa menjadi pribadi muslim yang lebih beriman dan bertaqwa, Semoga.

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration