Sunday, 23 September 2018
Spectr News Theme
Zakat Pride

LAZ Al Azhar Terjunkan Tim PBB di Lokasi Banjir Kampung Melayu

Spectr News Theme Admin
2018-02-12 06:41:25
0
5

Banjir yang merendam kawasan Kebon Pala Tanah Rendah, Kp Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur sejak Selasa (06/02) lalu perlahan mulai surut. Namun tak serta merta masalah selesai. Derasnya arus banjir juga membawa tumpukan lumpur dan sampah yang kini menggunung.

Hari ini (Sabtu 10/02) Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar menurunkan Tim PBB (Pasukan Bersih-Bersih) membantu warga membersihkan tumpukan sampah.

Tim PBB yang terdiri dari amil LAZ Al Azhar, santri RGI dibantu warga sekitar bergotong-royong mengangkut sampah dan memasukan ke dalam karung, yang nantinya dibuang ke tempat pembuangan sampah. Jumlah sampah yang terkumpul pun mencapai 2.000 karung.

Menurut Aja salah satu warga yang rumahnya berjarak 300 m dari Sungai Ciliwung, banjir di awal tahun 2018 ini lebih besar dari tahun sebelumnya. Sehingga sampah dan lumpur pun yang ditinggalkan cukup banyak.

"Tahun lalu banjir hanya setinggi mata kaki disini. Tapi yang sekarang sampai setinggi dada orang dewasa", jelas Aja.
Lanjut Aja, pada bencana banjir kali ini kekompakan warga untuk bergotong-royong juga sudah mulai berkurang. Namun Tim FORMULA sejak hari pertama sudah setia menemani dan membantu warga.

Sementara itu Kadiv Program LAZ Al Azhar Bapak Rahmatullah Sidik mengatakan permasalahan sampah dan lumpur juga harus menjadi perhatian, karena bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit pasca banjir. Tim FORMULA selalu siap siaga melakukan aksi kemanusiaan di lokasi bencana dari tahap emergency hingga recovery.

Selain menerjunkan Tim PBB, Tim FORMULA juga mendirikan Dapur Umum dan memberikan bantuan alat-alat kebersihan kepada warga seperti sapu lidi, ember, perlengkapan pel, sikat dll.

"Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik antara Tim FORMULA dan warga sekitar, sampah-sampah dan lumpur yang menggunung bisa kita bersihkan", jelas Rahmat.

Kepala Kelurahan Kp. Melayu Bapak Setyawan yang juga hadir mewakili seluruh warga mangucapkan terima kasih kepada LAZ Al Azhar yang telah setia membantu korban banjir. "Semoga semakin berkah buat keluarga besar LAZ Al Azhar", ucapnya.

Selain di Kampung Melayu, hari ini Tim PBB juga diterjunkan di Cawang Pulo, Jakarta Timur.

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration