Sunday, 23 September 2018
Spectr News Theme
Zakat Pride

Rahasia Dibalik Amalan Sunah Mengibaskan Seprai Sebelum Tidur

Spectr News Theme Admin
2017-12-15 13:18:27
0
5


Sahabat, sudahkah membiasakan diri mengibaskan kasur dengan kain atau sarung sebelum kita menempatinya dan tidur di atasnya? Tentunya sambil mengucapkan basmallah.

Ternyata ada fakta ilmiah di baliknya, yang tentu saja berefek pada kesehatan tubuh kita. Juga apakah ada rahasia lainnya yang berhubungan dengan alam ghaib mengenai hal ini? Oleh sebab itu jangan sampai kita meremehkan sunah yang satu ini sebelum tidur ya!

Berikut hadits selengkapnya:

Dari sahabat Abi Hurairah ra: Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian hendak barbaring di tempat tidurnya hendaklah ia kibas-kibas tempat tidurnya itu dengan sarungnya. Karena dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya." (HR. Muslim)

Hadits lainnya sebagai tambahan: "Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi, maka dianjurkan untuk mengibasinya kembali." (Sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi. 3410, dishahihkan dalam Kalim Thoyyib: 3410)

Setidaknya ada dua alasan penting yang menyebabkan kita perlu mengibaskan kain sarung ke atas kasur yang akan kita tiduri:

1. Adanya kuman penyakit yang hinggap di kasur, bantal, selimut dan guling yang kita gunakan

Para Ilmuwan mengungkapkan bahwa setiap orang tidur di atas kasur, ada sel-sel mati di tubuhnya yang berjatuhan di kasur dan pada saat seseorang itu terjaga dari tidurnya sel-sel tersebut tinggal di kasur. Ketika orang tersebut kembali tidur namun tidak terlebih dahulu membersihkan kasur yang akan ditempati, kemungkinan besar ada kuman tak terlihat yang memakan sel-sel mati tersebut di atas kasur, selimut, dan bantal yang kita gunakan. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengibas atas kasur terlebih dahulu untuk memastikan kuman tersebut hilang.

2. Adanya makhluk ghaib yang tidur di atas kasur tersebut, yakni jin jahat atau setan

“Tidak ada satu kasur pun yg tergelar di dalam suatu rumah yg tidak ditiduri oleh manusia, kecuali SETAN AKAN TIDUR DI ATAS KASUR ITU…” (Akamul Marjan fi ahkamil Jaan hal.150)

Orang yang beriman pada yang ghaib pasti menyadari bahwa kita hidup bersama dengan makhluk ciptaan Allah lainnya yang tak kasat mata, oleh sebab itu melakukan sunah mengibas-ngibaskan kasur dengan sarung sebelum tidur sambil membaca basmallah in syaa Allah bisa menghindarkan kita dari godaan syetan yang terkutuk. Wallaahualam. (ummi-online.com)

Semoga kita bisa mengambil hikmah dan mampu mengamalkannya, Aamiin.

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration