Friday, 19 January 2018
Spectr News Theme
Zakat Pride

Rahasia Dibalik Bersiwak

Spectr News Theme Admin
2018-01-10 09:40:35
0
5

Sahabat Al Azhar, siwak ternyata telah dikenal jauh sebelum Rasulullah SAW lahir. Orang-orang Babilonia, kerajaan Romawi dan Yunani juga telah menggunakan Siwak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka.

Bersiwak sangat dianjurkan bagi umat Muslim bahkan termasuk salah satu sunah. Berdasarkan tinjauan fungsi mekanisnya siwak memiliki prinsip kerja yang tidak jauh berbeda dengan sikat gigi modern zaman sekarang. Serat batang siwak yang elastis berfungsi sama seperti bulu sikat gigi yang berfungsi membersihkan secara mekanis kotoran di gigi dan sela-sela gigi.

Sebagaimana tuntunan nabi yang lain, siwak ternyata lebih dari sekedar sikat gigi biasa. Lalu apa manfaat siwak?. Plak pada gigi sebagai sisa makanan yang berakumulasi dan menempel pada gigi menjadi media yang sangat baik untuk bakteri berkembang biak. Setelah berkoloni, bakteri akan menghasilkan asam yang selanjutnya menyebabkan pelarutan enamel gigi yang akhirnya terjadilah karies gigi.

Batang kayu siwak memiliki kandungan Asam Antibakteri, yakni anti bakteri alami seperti astringents dan detergen yang berfungsi membunuh bakteri sekaligus mencegah infeksi.

Nah, selaras dengan hal tersebut, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Paramitha Ardiyanti (2011) tentang pengaruh larutan ekstrak siwak terhadap pembentukan plak gigi didapatkan hasil bahwa pemberian larutan ekstrak siwak berpengaruh dalam menghambat pembentukan plak gigi. (Islampos.com)

Yuk mulai membiasakan untuk bersiwak, selain bernilai ibadah sunah juga banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration