Sunday, 23 September 2018
Spectr News Theme
Indonesia Gemilang

Silatnas Forum Indonesia Gemilang 2018 di Batam “Economic Improvement of The Poor”

Spectr News Theme Admin
2018-04-19 02:47:52
0
5

Forum Indonesia Gemilang (FIG) yang diinisiasi LAZ Al Azhar bersama lembaga mitra jejaring di seluruh Indonesia memiliki tujuan besar yang sama yaitu bersama-sama menebar kemaslahatan umat dan mengentaskan kemiskinan dengan mengoptimalkan pengelolaan dana zakat, infaq, sedekah dan dana social keagamaanlainnya. Forum bersama yang diresmikan oleh Bapak Jusuf Kalla (JK) pada 02 Maret 2013 bersamaan dengan launching program Indonesia Gemilang, yaitu program pemberdayaan masyarakat perdesaan yang komprehensif, terukur dan berkelanjutan.

5 tahun sudah program diluncurkan. Banyak sekali capaian dan prestasi diraih. Namun tidak sedikit pula alang merintang dan tantangan menghadang dalam pelaksanaan program yang sangat inspiratif ini. Konsep yang  komprehensif dan strategi implemetasi pendampingan di desa-desa gemilang mengundang banyak pihak untuk menjadikan program ini sebagai model program pemberdayaan masyarakat. Diantaranya adalah DEKS-Bank Indonesia, OJK, LIPI, pelaku industri syariah, peneliti akademik, dll.  Dibutuhkan kesolidan dan konsistensi dari seluruh anggota FIG untuk bisa meraih capaian sampai saat ini. Maka, salah satu agenda tahunan dalam upaya menjaga kesamaan irama dan derap langkah ikhtiar untuk bersama mengentaskan kemiskinan, diselenggarakan Silaturahim Nasional (Silatnas).

Pada tahun ini, Silatnas FIG dilaksanakan di Batam pada tanggal 3 sampai 5 April 2018. Sebagai tuan rumah gelaran tahunan ini adalah LAZ Masjid Raya Batam. Rangkaian acara Silatnas FIG 2018 yang dilaksanakan di Wisma Haji ini dibuka oleh Walikota Batam yang diwakili oleh Sekda, dan dihadiri oleh Kementerian Agama Kota Batam, Bank Indonesia, Ketua Yayasan Pesantren Islam Al Azhar dan sejumlah pejabat setempat. Silatnas juga dibuka dengan Seminar Nasional dengan tema “Dana Sosial Islam dan Pengentasan Kemiskinan” dengan pembicara Deputi Direktur Riset and Development - OJK, Sigit Iko Sugondo (Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar dan Ketua FIG), dan Nanda Putra (Direktur Eksekutif Wakaf Al Azhar).

Tema besar dalam Silatnas ini adalah “Economic Improvement of The Poor” melalui pendayagunaan dana ZIS dan dana social keagamaan lainnya. Identifikasi dan pemetaan kemiskinan, instrument pengukuran kemiskinan, peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan dana ZIS dan pemberdayaan masyarakat menjadi isu penting dalam Silatnas ini. Sehingga keluarlah 11 poin resolusi hasil Silatnas FIG 2018 yang ditandatangani oleh seluruh pimpinan lembaga inisiator FIG, yaitu LAZ Al Azhar, LAZ Masjid Raya Batam, DKD Magelang, YKPU Klaten, LAZ Al Irsyad Islamiyah, Sahabat Peduli Makassar, Sahabat Peduli Lombok, Serasi Alam Indonesia-Pekanbaru, dan Baitulmal TAZKIA.

Di tengah agenda acara Silatnas ini juga dilakukan Soft Launching Kantor Layanan Zakat dan Koordinasi Forum Indonesia Gemilang di 3 kota yaitu : Makassar-Sulawesi Selatan, Lombok-NTB, dan Pekanbaru-Riau. Tiga kantor ini diharapkan mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan zakat serta penguatan sinergi FIG dalam upaya mengentaskan kemiskinan bersama-sama. Selain itu, secara simbolik diserahterimakan dana 50 juta oleh LAZ Al Azhar kepada LAZ Masjid Raya Batam untuk pengembangan program desa gemilang dalam pemberdayaan ekonomi nelayan di 3 pulau, yaitu Kubung, Selat Desa dan Air Mas di Kel. Ngenang Kec. Nongsa Kota Batam.

“Kemiskinan bukanlah sebuah kehinaan atau kejahatan. Sehingga orang atau keluarga miskin bukanlah pihak yang harus dijauhi apalagi diperangi. Diperlukan langkah bersama untuk mengentaskannya melalui program yang komprehensif, terukur dan berkelanjutan.” (Sigit Iko Sugondo-Ketua Forum Indonesia Gemilang)

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration