Monday, 20 August 2018
Spectr News Theme
Formula

Tim FORMULA Bantu Korban Gempa Lombok

Spectr News Theme Admin
2018-08-02 07:05:15
0
5

Musibah gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang melanda Pulau Lombok, dan Pulau Sumbawa, NTB pada hari Ahad (29/07) lalu telah mengakibatkan 17 orang korban jiwa, 401 orang luka-luka, 100.062 orang mengungsi, dan 47.361 orang terkena dampaknya. Selain itu ribuan rumah warga juga telah hancur membuat mereka berlindung di posko-posko pengungsian.

Tim FORMULA Tanggap Bencana LAZ Al Azhar bersama Forum Indonesia Gemilang yang sudah terjun sejak hari pertama telah mendistribusikan bantuan mulai dari sembako, tenda, terpal obat-obatan.

Selain itu Tim FORMULA juda sudah mendirikan dapur umum serta layanan pengobatan gratis kepada warga di dua desa yang terkena dampak paling parah yakni Desa Sambik Elen dan Desa Loloan, Kec. Bayan, Lombok Utara.

Dalam mengelola dapur umum, Tim FORMULA berkolaborasi dengan Forum Perempuan Desa Sambik Elen dalam menyiapkan makanan siap saji bagi para pengungsi dan korban bencana setiap hari.

Sementara untuk layanan pengobatan gratis, Tim FORMULA bekerja sama dengan Dr. Firdaus Dan Pak Kamal tim medis Sahabat Peduli Makassar yang telah melayani ratusan pengungsi. Selain melakukan aksi pengobatan di posko, tim medis juga berkeliling menyisir tenda-tenda pengungsian untuk mengecek langsung kondisi para pengungsi.

Berdasarkan informasi tim di lapangan, kondisi para pengungsi masih sangat memprihatinkan. Selain karena minimnya bantuan yang datang, sebagian besar pengungsi juga mengalami trauma yang mendalam. Setiap kali ada gempa susulan dengan skala kecil banyak warga yang langsung panik dan berhamburan keluar.

Bantuan darurat yang dibutuhkan pengungsi yakni makanan, tenda, serta tandon air karena gempa juga telah memutus pipa saluran air bersih dari hutan yang selama ini menopang kebutuhan air bersih warga.  

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration