Wednesday, 26 July 2017

Panduan Qurban

Dasar Hukum Qurban 

Dalil naqli (Al Qur’an dan Hadits) banyak berbicara tentang perintah dan keutamaan-keutamaan ber-qurban pada Idul Adha. 

• “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Hajj : 37)

• Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berqurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah

• Aisyah r.a. menceritakan bahwa Nabi saw. bersabda, “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah swt. melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih) 

2 Fikih dalam Ibadah Qurban 

Setidaknya terkandung 2 tuntunan fikih dalam pelaksanaan ibadah qurban, yaitu : Fikih Mu’amalah dan Fikih Qurban itu sendiri.

Fikih Muamalah

Dalam pengadaan hewan qurban baik akad jual beli ataupun sistem wakalah oleh para pihak yang bermuamalah, haruslah memenuhi syarat-syarat sahnya akad sehingga terhindar dari unsur MAGHRIB (maysir, gharar, riba). Misalnya, terkait dengan wujud dan spesifikasi kambing atau sapi. Jenis hewannya, kondisi fisiknya, bobotnya,  lokasi kandang stoknya, harganya, teknis pengiriman hewan, dll harus jelas dan disepakati bersama.

Fikih Qurban

Tata pelaksanaan qurban juga harus memenuhi aturan yang dicontohkan Rasulullah dalam sunnahnya. Mulai dari niat, detil tentang umur dan kesehatan hewan qurban, tata cara/adab penyembelihan, waktu dan tempat penyembelihan sampai pendistribusian dagingnya, dll mestilah diikuti untuk meraih fadhilah dan keberkahan qurban.

LAZ Al Azhar menjaga kuat dan konsisten kepada prinsip-prinsip tersebut dalam melaksanakan amanah ibadah qurban dari masyarakat luas melalui QURBAN MUBARAK.

Qurban Mubarak, Mudah, Barakah & Membangun Keberdayaan Berkelanjutan

MUDAH

Kemudahan ber-qurban baik dalam transaksi atau akadnya dan mudah dalam pelaksanaannya. Selain distribusi qurban ke 15 provinsi, hewan qurban juga bisa diantar ke alamat rumah atau masjid para pequrban melalui layanan ‘home delivery service”.

BARAKAH

Qurban sebagai rangkaian upaya transformasi kesejahteraan masyarakat dengan nilai keberkahan sesungguhnya yang berkelanjutan. Dari aspek fikih muamalah dan fiqih qurban, prinsip dan nilai syariah terus dipegang teguh oleh LAZ Al Azhar. Dari aspek pemberdayaan masyarakat, stok hewan qurban yang disiapkan adalah murni dari hasil pemberdayaan melalui kelompok-kelompok usaha bersama di desa-desa gemilang, pesantren, komunitas dampingan dan dinikmati pula oleh masyarakat dampingan dan sekitarnya sebagai sasaran distribusi. Qurban mampu menguatkan keberdayaan para peternak, petani dan masyarakat desa melalui kelompok usaha bersama (KUB) dalam alur  tanpa putus Indonesia Gemilang. 

Pemberdayaan Peternak Melalui Kelompok Usaha Bersama

Melalui program Sejuta Berdaya dan Indonesia Gemilang, saat ini Al Azhar Peduli Ummat memiliki desa dan komunitas dampingan dengan pemberdayan ternak kambing,domba dan sapi baik secara komunal maupun kandang rumahan. Pengelolaan secara kelompok dengan manajemen yang baik dan semangat saling menguatkan melalui Saung Ilmu sebagai knowledge center melahirkan impact positif yang luas baik bagi anggota kelompok maupun masyarakat sekitarnya.

Selain pengadaan pakan ternak dengan proses fermentasi, kelompok usaha bersamapun memiliki rumah pengolahan pupuk yang dibangun dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak dan limbah pertanian menjadi pupuk organik yang sangat bermanfaat bagi para petani sawah dan tanaman lainnya. Hewan ternak yang dihasilkan sangat baik secara berat dan kesehatannya, sehingga nilai jualnya juga tinggi khususnya ketika momentum Idul Adha untuk stok hewan ibadah qurban.

Keberdayaan yang Utuh dan Berkelanjutan

Dari hasil penjualan ternak ini, keuntungan atau profitnya di-sharing dengan nisbah 70 : 30. Bagian 70 % untuk peternak dan kelompok usaha bersama sebagai penghasilan utuh mereka. Sedangkan 30 % untuk kelembagaan masyarakat Saung Ilmu dan KSM-Sejuta Berdaya dengan pembagian; yang 20 % nya untuk dana sosial dan pengembangan program dan 10 % nya untuk penambahan bibit baru setelah ditambah dana modal pokok. Dana ini diperlukan, jika harga bibit hewan ternak mengalami kenaikan harga. Sehingga pengadaan bibit baru bisa terus berlanjut, penghasilan masyarakatpun terus bisa berputar dari tahun ke tahun.

Dari sisi nilai manfaat dagingnya, peternak  dan masyarakat sekitarnya bisa menikmati daging qurban. Karena desa-desa gemilang dan komunitas masyarakat dampingan Al Azhar Peduli Ummat menjadi prioritas titik sebaran/distribusi qurban yang dihimpun LAZ Al Azhar.

Alur Keberdayaan Berkelanjutan Qurban Mubarak 

Nilai Keberdayaan Berkelanjutan Dari-Oleh-Untuk Mereka

Pemberdayaan ternak kambing, domba dan sapi yang digulirkan oleh Al Azhar Peduli Ummat dikelola kelompok masyarakat di desa gemilang dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dengan sistem pendampingan intensif, tepat dan terukur.

Oleh kelompok masyarakat dampingan, ternak disiapkan salah satunya sebagai stok hewan qurban dengan kualifikasi umur, berat dan kualitas kesehatan yang baik sehingga memenuhi unsur syar’i-nya.

Ternak ini nantinya juga akan dipotong dan didistribusikan di wilayah tempat kelompok masyarakat pengelola ternak ini dan daerah sekitarnya. Sedangkan hasil dari penjualan ternak untuk stok ibadah qurban ini ada pembangian profitnya dengan nisbah 70 % untuk masyarakat peternak/pengelola dan 30% dikelola Saung Ilmu untuk dana sosial, pengembangan program dan penambahan dana pembelian bibit baru. Sehingga ada siklus renewable asset yang menjaga keberlanjutan program dan penghasilan masyarakat khususnya peternak dapat terus berlangsung.

Nilai Keberdayaan Berkelanjutan Penghasilan Utuh untuk Masyarakat Dampingan

APU sebagai inisiator dan penggulir program sama sekali tidak mengambil profit keuntungan dari hasil penjualan ternak. Semuanya kembali ke masyarakat dampingan yang dikelola oleh kelompok usaha bersama. Sehingga keberdayaan yang diharapkan bisa maksimal dirasakan oleh masyarakat dampingan dalam program pemberdayaan yang berkelanjutan.

Nilai Keberdayaan Berkelanjutan Renewable Asset untuk Penghasilan Berkelanjutan 

Program pemberdayaan peternak ini tidak berhenti ketika ibadah qurban usai. Justru running program berikutnya baru dilanjutkan. Melalui pengelolaan kelompok peternak yang rapi dengan manajemen yang transparan, akuntabel dan semangat pemberdayaan asset berupa hewan ternak dapat diadakan kembali, bahkan bisa bertambah dan bergulir. Dana profit hasil penjualannya pun sebagian untuk menambah pundi pembelian bibit baru ketika harga bibit yang dibutuhkan mengalami kenaikan harga. Dan, siklus ini bisa terus berputar dan terus berkelanjutan.

Nilai Keberdayaan Berkelanjutan Penghasilan Jalan Terus Ibadah Tidak Putus

Program pemberdayaan komprehensif, terukur dan berkelanjutan ini tidak semata-semata mengejar profit dunia, tapi tetap menjaga nilai-nilai ibadah dan semangat silaturahim antar anggota kelompok masyarakat.

Rutin setiap minggu dan bulanan pengajian dilakukan dengan dampingan Da’i Sahabat Masyarakat dan pengurus KSM di lingkungan masyarakat. Selain wadah menambah ilmu dan motivasi ibadah, kegiatan ini juga sebagai sarana monitoring-evaluasi program sekaligus penguatan kapasitas pengetahuan masyarakat.

Qurban yang Anda tunaikan melalui LAZ Al Azhar bisa disalurkan dan distribusikan dengan :

1. HOME DELIVERY SERVICE

Kambing, domba dan sapi qurban bisa diantar langsung oleh tim Qurban Mubarak ke alamat rumah atau lokasi yang diminta pequrban dari titik-titik lokasi stok terdekat.

2. DISTRIBUSI DAERAH DAMPINGAN

Hewan Qurban disebar ke desa-desa gemilang dan komitas masyarakat dampingan program pemberdayaan APU yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia.

Harga Hewan Qurban Mubarak :

Kambing/Domba : 24-26 Kg : Rp. 2.575.000
Kambing/Domba : 28-30 Kg : Rp. 2.875.000.
Kambing/Domba : 31-35 Kg : Rp. 3.075.000

Sapi/Kerbau : 280-300 Kg : Rp. 19.625.000

Transfer melalui rekening a/n YPI Al Azhar :

~ BCA 070 303 6691
~ BTN Syariah 738 1000 331
~ Danamon Syariah 005 8340 340

Konfirmasi transfer dan Qurban Home Service di (021) 722 1504, Pin 52E6B085 atau email ke info@alazharpeduli.com.

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration