Sunday, 24 September 2017

Profil

Profil 
Lembaga Amil Zakat Al Azhar Pedui Ummat (selanjutnya disebut Lembaga Zakat Al Azhar) adalah satuan kerja yang dibentuk oleh Yayasan Pesantren Islam Al Azhar yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dhuafa melalui optimalisasi dana Zakat, Infaq, Sedekah dan dana sosial lain yang dibenarkan oleh syariat agama & sumber daya yang ada di masyarakat dan bukan berorientasi pada pengumpulan profit bagi pengurus organisasi. Lembaga Amil Zakat Al Azhar Peduli Ummat dibentuk oleh Badan Pengurus YPI Al Azhar pada 1 Desember 2004 melalui SK Nomor 079/XII/KEP/BP-YPIA/1425.2004 yang ditandatangani oleh Ketua Badan Pengurus YPI Al Azhar H. Rusydi Hamka dan sekretaris H. Nasroul Hamzah dan telah mendapat pengukuhan sebagai Lembaga Zakat Skala Nasional oleh Kementrian Agama Republik Indonesia melalui SK Menteri Agama RI Nomor 240 tahun 2016 Tanggal 23 Mei 2016.

Visi

Menjadi Lembaga Amil Zakat yang terpercaya dalam pengelolaan dana Zakat, Infaq, Sedekah untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat.

Misi
1. Mengembangkan edukasi Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf dan layanan berkarakter berbasis teknologi.
2. Mengembangkan program yang komprehensif, terukur, dan berkelanjutan untuk mendorong keberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal.
3. Meningkatkan akuntabilitas kinerja lembaga melalui penguatan sistem dan manajemen yang didukung oleh Sumber Daya Insani yang profesional.
4. Membangun Kemitraan Berkelanjutan (Sustainable Partnership)  dengan kalangan ABCG (Academic, Business, Civil Society, Goverment) dalam pelaksanaan program.

Objective

Menjadi lembaga filantropi Islam terdepan dalam pemberdayaan masyarakat secara komprehensif sesuai kaidah pada tahun 2020.

Grand Strategy

Mendukung pembangunan sosial (pendidikan, kesehatan, ekonomi) dan akhlaq dengan memberdayakan dan mensinergikan potensi-potensi masyarakat, memberikan produk dan pelayanan berkarakter, peningkatan pendapatan dan sumber-sumber pendanaan.

Karakter Lembaga

Sebagai lembaga yang melayani ibadah sekaligus mengelola dana, LAZ Al Azhar memiliki budaya lembaga yanng berfungsi sebagai jatidiri dan spirit kerja yang terangkum dalam 5 (lima) sikap yang disebut UMMAT:

U : UNIVERSAL
Melayani sepenuh hati pada seluruh aspek kehidupan umat manusia yang berlaku di setiap tempat dan masa sebagai implementasi nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

M : MANFAAT
Selalu berupaya memberikan manfaat kepada orang lain.

M : MARTABAT
Menjunjung tinggi harga diri amil, muzakki, dan penerima manfaat.

A : AMANAH
Penuh rasa tanggungjawab dalam melaksanakan tugas dan melayani ummat.

T : TABLIGH
Mendidik, mencerahkan, membina, dan memotivasi diri dan masyarakat untuk menjadi lebih baik.

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration